Wajah yang rupawan dan pemikiran yang membosankan = membosankan.
Tubuh indah diiringi pemikiran yang membosankan = membosankan.

Apakah anda adalah orang yang membosankan apakah anda bisa melihat bahwa orang lain membosankan? Tentunya ini merupakan pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab, karena kecenderungan kita selalu bergaul dengan orang yang setipe, sehingga terkadang kita tidak merasa kalau cara kita berkomunikasi tidak begitu menarik orang kalangan lainnya. Pernahkah anda bercerita dengan salah seorang teman yang notabene sangat pintar, tapi saat ia berbicara anda merasa bahwa anda dihadapkan pada setumpuk buku yang harus anda baca agar mengerti apa yang dibicarakannya
Huh…. Please deh….


Jago berbicara dalam bidang yang kita geluti tentunya merupakan suatu hal yang wajar, karena itulah yang tiap hari kita hadapi, tapi untuk bidang yang tidak kita ketahui….? Sejujurnya saya juga tidak tau apakah saya adalah orang yang menarik dalam berbicara atau tidak. Namun, ketika melakukan latihan-latihan yang disarankan dalam “How to be More Interesting” karangan Edward de Bono, saya bisa meraba-raba, kira2 saya adalah tipe pembicara yang seperti apa.
Latihan dalam buku ini tidak hanya mengetahui kemampuan kita, tetapi juga melatih kemampuan kita untuk menjadi pembicara menarik.

Untuk sama-sama merasakan manfaatnya, saya mengajak anda untuk melakukan beberapa latihan-latihan yang disediakan (total latihan 70 tapi yang saya tampilkan mungkin cuma bebberapa).
Melalui latihan ini anda diminta untuk menuliskan apa saja yang anda ingat, terlepas dari bermutu atau tidaknya apa yang anda tulis… tulis… dan tulis aja.

Pada latihan pertama, saya bingung untuk menulis apa sekitar 1/2 menit karena saking sederhananya kata kuncinya, tapi saya terkejut melihat hasil tulisan itu. Saya tak pernah bayangkan kalau saya punya pemikiran yang sedemikian rupa mengenai topik yang diberikan.


Comments (0)